4 Kunci Sukes Perusahaan Paling Dikagumi

Standar

Web designerPerubahan ekonomi, kemajuan teknologi maupun globalisasi yang terus meningkat selama 15 tahun terakhir, ternyata tidak banyak mengubah praktik bisnis utama yang membedakan para perusahaan yang paling dikagumi di dunia. Demikian hasil studi yang dirilis Hay Group belum lama ini.

Dalam laporan yang dirilis bulan Maret yang lalu, Hay Group menganalisa semua penemuan mereka dari riset selama 15 tahun dan menemukan empat karakteristik utama yang telah secara konsisten membedakan perusahaan-perusahaan ini dan membuat mereka unggul dari perusahaan lain.

Keempat faktor utama yang menentukan kesuksesan organisasi itu adalah:

1. Sukses dalam mengeksekusi strategi

Perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam World Most Admired Companies (WMAC) biasanya unggul dalam mengubah strategi menjadi kenyataan. Kebanyakan perusahaan memang memberi perhatian besar pada perencanaan strategis, tetapi perusahaan yang tidak termasuk WMAC cenderung gagal dalam hal eksekusi. Para WMAC ini sebaliknya, mereka unggul karena berhasil membuat obyektif yang jelas, menyelaraskan organisasi dan karyawan dengan tujuan-tujuan bisnis jangka panjang, dan mempraktikkan strategi dengan berhati-hati. Para WMAC juga sadar sepenuhnya akan dampak budaya perusahaan sehingga mereka menciptakan kultur yang kuat dan positif untuk mendukung strategi mereka.

2. Membangun struktur dan proses yang mempertahankan kinerja secara jangka panjang

Dibanding perusahaan-perusahaan lain, perusahaan WMAC membangun struktur yang kuat untuk memungkinkan kesuksesan bisnis secara jangka panjang. Mereka menempatkan inovasi ke dalam budaya perusahaan dan menempatkan pentingnya mencari dan menyebarkan gagasan-gagasan baru. Mereka juga lebih sukses dalam menggunakan jangkauan global mereka sambil tetap memberikan keleluasaan kepada unit bisnis local mereka dalam merespon kebutuhan pasar local.

3. Meraih sukses melalui karyawan (people)

Perusahaan WMAC mengenali pentingnya “intangible assets” mereka dan menciptakan kondisi yang baik agar karyawannya dapat berkembang. Mereka biasanya memiliki strategi human capital yang sudah dipelajari dan disetujui oleh level direktur dan memberikan fokus pada penciptaan kesempatan untuk kemajuan karir karyawan. Selama 15 tahun terakhir, para WMAC terus berinvestasi pada karyawan mereka, dan hal ini akan terus dilakukan pada tahun-tahun mendatang.

4. Menempatkan leadership dan talent pada posisi penting

Perusahaan WMAC secara konsisten bekerja keras memastikan talent yang tepat berada pada tempatnya. Mereka mempunyai prosedur yang teliti dalam mengevaluasi kandidat karyawan, menekankan pentingnya kesempatan pengembangan diri, dan menghubungkan benefit karyawan secara erat dengan kinerja mereka.

Perusahaan yang mampu mengimplementasikan praktik-praktik di atas secara konsisten cenderung akan lebih menarik bagi calon talent terbaik serta mampu mempertahankan mereka. Perusahaan-perusahaan ini juga akan unggul di industri mereka serta pasar secara keseluruhan.

“Selama 15 tahun terakhir, kami sudah melihat komposisi daftar WMAC yang berubah-ubah, tetapi atribut yang membuat para perusahaan tersebut unggul tetap sama,” kata Mel Stark, vice president & regional reward practice leader pada Hay Group

Hay Group telah bekerja sama dengan majalah Fortune sejak 1997 dan menyelenggarakan pemilihan World’s Most Admired Companies setiap tahun. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai WMAC dapat dilihat di sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s